Kuliner Korea yang Wajib Kamu Coba

By | July 21, 2019

Kamu pecinta drama korea? Atau malah penggemar KPOP? Tentunya sudah tidak asing dengan hal-hal yang berbau Korea mulai dari budaya, Korean skincare hingga kulinernya. Untuk perempuan, skincare menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki. Beberapa korean skincare yang banyak diminati oleh wanita Indonesia misalnya saja Some by Mi, Laneige, Innisfree, Nacific, Cosrx dan Nature republic. Lalu bagaimana dengan kulinernya? Dalam berbagai drama Korea, kamu tentu sering melihat jajanan khas Korea yang terlihat begitu menggoda selera. Lidah orang Indonesia rupanya cocok dengan cita rasa khas Korea yang umumnya unik dan juga enak. Berikut ini macam-macam kuliner khas Korea yang wajib kamu cicipi. 

Bibimbap

Jika belum makan nasi, belum kenyang rasanya sudah menjadi budaya umum di Indonesia. Apabila kamu mencari makanan khas Korea yang membuat kenyang, salah satu pilihannya adalah Bibimbap. Bibimbap merupakan makanan berupa nasi yang disajikan bersama telur, sayur, daging serta saus sambal khas Korea. Bibimbap menjadi salah satu makanan favorit di Korea, ibarat nasi padang yang tak boleh lepas dari kuah rendang jika di Indonesia. Rasanya dijamin unik dan enak. kamu yang pecinta Korea, tentunya harus mencicipi makanan bibimbap.

Japchae

Makanan khas korea selanjutnya yang bercita rasa nikmat adalah Japchae. Bentuknya hampir mirip dengan bihun goreng di Indonesia. Namun dari segi rasanya tentu berbeda. Japchae terbuat dari bahan dasar mie soun Korea, daging serta sayuran. Mie soun khas Korea ini terbuat dari kentang yang menjadikan cita rasanya khas dan spesial. Para pendatang di Korea, selalu menjadikan japcahe menu wajib untuk dicicipi.

Tteobokki

Salah satu jenis makanan Korea yang terkenal di Indonesia yaitu Tteobokki. Bentuknya seperti sosis pendek dengan citarasa yang begitu khas. Tteobokki sendiri terbuat dari kue beras dicampur daging dengan tambahan sausnya yang membuatnya terlihat menggoda. Warnanya merah, memiliki rasa manis, pedas serta bertekstur kenyal. Camilan khas Korea yang sanagat nikmat dan sayang untuk kamu lewatkan. Di Indonesia sendiri, menu yang satu ini sudah cukup menjamur jadi kamu tak akan kesulitan menemukannya.

Ramyoen

Jika Jepang memiliki mie ramen, Korea memiliki mie ramyoen yang populer hampir di seluruh dunia. Banyak orang mengira jika ramen dan ramyoen adalah sama. Padahal dari cara penyajiannya sendiri sudah berbeda. Ramyoen disajikan dengan panci lengap dengan tutupnya, menjadikan sensasi makan lebih unik dan nikmat. Dalam suasana dingin, menikmati ramyoen tentunya membuat tubuh terasa lebih hangat. 

Kimbap

kamu menyukai sushi khas Jepang? Rasanya kamu juga perlu emncicipi makanan khas Korea yang satu ini. Sekilas bentuknya memang mirip dengan sushi Jepang. Kimbap merupakan salah satu makanan khas Korea berisi nasi serta isiannya mulai dari daging, ikan, telur, sayuran wortel, bayam atau lainnya. Kemudian di beri saus khas Korea dan dibungkus dengan nori. Rasanya begitu nikmat dan menggoda. Kimbap kini juga semakin populer di Indonesia sebab banyak juga muncul di acara drama Korea. Apalagi, selain enak kimbap juga mengenyangkan untuk perut orang Indonesia. 

Jajangmyoen

Makanan khas Korea yang satu ini hampir sama denga ramyoen. Hanya sja dari segi warnanya berbeda. Mie jajangmyoen ditambah dengan saus kedelai hitam yang kental serta acar lobak yang masih panas. Setiap orang yang melihatnya pasti akan berselera untuk mencicipinya. Makanan mie jajangmyoen menjadi salah satu kegemaran masyarakat Korea Selatan. Saat cuaca dingin, jajangmyoen juga banyak dipilih untuk menghangatkan tubuh. 

Nah itu tadi beberapa contoh kuliner Korea yang nikmat dan wajib kamu cicipi. Selain bercita rasa enak, rupanya macam-macam Kuliner tersebut juga bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Caranya mudah dan bahannya gampang di dapatkan. Bahkan kamu juga bisa menjadikannya peluang usaha kuliner lho. Salah satu makanan khas Korea yang mudah dibuat adalah Kimchi putih. Kimchi menjadi salah satu kuliner khas Korea yang rasanya wajib ada di atas meja makan. Selain sehat, kimchi juga memiliki rasa unik yang enak. Memasak kimchi umumnya menggunakan gochujang, namun kamu juga bisa membuatnya dengan rasa yang tidak pedas. Bahan yang dibutuhkan yaitu satu sawi putih, 2 sdm garam serta 2 sdm gula, ½ bawang bombai, 4 siung bawang putih, jahe, serta filling kimchi yaitu cabe, wortel dan daun bawang. 
Untuk cara membuat kimchi putih pertama potong menjadi empat bagian. Selanjutnya tabur serta ratakan garam ke sawi tersebut. Ratakan garam hingga ke sela-sela sawi. Selanjutnya biarkan pada wadah yang terttutup hingga 8 jam. Kemudian buang cairan pada sawi dan cuci hingga bersih. Setelah itu, potong bahan filling untuk kimchi yaitu cabe, wortel dan daun bawang bentuk memanjang. kamu bisa membumbuinya sedikit dengan garam serta gula. Lalu campurkan filling kimchi adi pada sawi yang sudah kamu cuci. Jangan lupa untuk mengisi sela-sela sawi juga dengan filling kimchi tersebut. 
Setelah kimchi selesai, kini waktunya membuat kuah kimchi. Caranya yaitu haluskan bawang bombai dengan blender. Lalu potong tipis jahe serta bawang putih. Kemudian campurkan potongan jahe dan bawang putih bersama bawang bombai halus tadi lalu tambahkan 2 sendok garam serta delapan gelas air. Selanjutnya tuangkan kuah kimchi tersebut pada sawi yang telah diletakkan pada sebuah wadah seperti kontainer. Kemudian tutup wada tersebut, dan biarkan selama 1-2 hari. Biarkan kimchi berfermentasi sehingga mencipatkan citarasa yang nikmat dan unik. 
Menu lainnya yang bisa kamu coba buat di rumah yaitu tteobokki. Siapkan bahan-bahannya yaitu 2 sdm taapioka, 8 sdm tepung beras merk rose brand, garam secukupnya serta seperempat gelas air panas. Kemudian untuk bahan sausnya, kamu perlu siapkan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 10 cabe rawit, saus cabe 3 sd, seperempat gelas air serta penyedap mkanan. Untuk cara pembuatannya sangatlah mudah. Pertama kamu campurkan tepung beras, tepung tapioka serta garam. Lalu uleni hingga kalis dengan menggunakan air panas. Setelah adonan kalis, bentuklah memanjang. Kemudian didihkanlah air panas yang dicampur minyak seidkit saja. Rebuslah adonan tadi selama 8 sampai 10 menit hingga matang. Lalu kamu bisa memotongnya sesuai selera. 
Kemudian, untuk membuat sausnya campurkan semua bahan menggunakan mixer atau blender. Lalu tumis bumbunya yang telah dihaluskan tadi hingga harum. Baru kemudian masukkan adonan tteobokki yang sudah matang tadi. Tambahkan air, aduk hingga merata. Lalu biarkan hingga air meresap. Tteobokki jajanan khas Korea inipun siap disajikan. Sangat mudah dan simple bukan cara membuatnya? kamu juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Untuk peluang usaha, jajanan ini juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selamat mencoba resepnya ya.

You Might Also Like

0 comments