Makan Sehat untuk Hidup Sehat | Sembuhkan Indonesia #sembutopia

By | June 09, 2018

sembutopia
#sembutopia
Hidup untuk makan atau makan untuk hidup?
Pernahkah kamu disodori dengan pertanyaan seperti ini? Lalu menurut kalian jawban manakah yang benar? Berdasarkan apa jawaban yang bisa kamu berikan?
Jawab mana saja apa bedanya? Itu hanya perspektif kamu melihat makanan dari sudut pandang seperti apa. Bila kamu berfikir hidup itu untuk menikmati hidup itu sendiri maka kamu akan memilih frasa pertama. Hidup hanya sekali jadi harus dinikmati, jangan cuma bekerja terus menerus tapi juga harus merasakan kepuasan hasil dari kerja yang sudah dilakukan. Makan yang enak yang bisa bikin kita bahagia.

Bagi kamu yang selalu memikirkan visi hidupmu, mungkin kamu akan memilih frasa kedua. Hidup ini cuma sekali jangan sampai disia-siakan, kita harus mengejar impian dengan berusaha semampu kita. Hal-hal lain yang gak penting gak perlulah dipikirin pusing-pusing, apalagi soal makan yang penting perut kenyang bisa terus mengejar impian.
Sederhanakan! Makan enak atau makan kenyang?
Setujukah kamu kalau saya bilang itu sudut pandang yang tidak baik? Namun kenyataannya jawaban seperti itulah yang sering saya dengar. Mungkin karena saya tinggal di perantauan kali yah. Jadi kadang ketemu yang serba ngirit sampe buat makan sendiri jadi pelit, kadang juga ketemu yang mumpung punya uang makan apa aja yang terlihat menggiurkan.
Jika kamu salah satu dari mereka, maka berhentilah mulai dari sekarang. Karena pola pikir tersebut hanya akan menuntun kamu untuk terus-menerus memasukan sampah ke dalam tubuh kamu. Kamu hanya akan berpikir mau makan spageti atau mie instant, nasi goreng special atau nasi goreng telor, ayam goreng atau tempe goreng, dan sebagainya.
Mengapa tidak makan sehat untuk hidup sehat? Yuk lihat dengan sudut pandang lain.

Makan untuk hidup

Pada dasarnya kita makan untuk hidup, namun seharusnya kita bisa melihat bahwa hidup itu tidak bisa sekedar hidup. Oleh karena itu kita juga makan tidak sekedar makan (yang penting kenyang). Bila diibaratkan makanan yang kita masukan adalah bahan yang nantinya akan menghasilkan rupa dari tubuh kita. Jadi sayang sekali bila kita tidak memilah-milah bahan terbaik. Tenang saja, soal harga itu tidak berhubungan secara langsung dengan hal ini. Mengolah makanan sendiri tentu saja lebih hemat daripada membeli makanan cepat saji atau siap saji. Harga buah jauh lebih murah bila dibandingkan cupcake. Harga sayur lebih murah daripada harga daging.

Hidup untuk makan

Saya juga gak bisa berbohong, kalau makan ya harus berasa mantap di lidah. Sebenarnya nggak muluk-muluk juga kok. Selama rasa makanan tersebut masih bisa diterima lidah saya ya saya oke-oke aja. Gak harus makanan mahal juga, kalau mau dibandingin saja saya daripada pedesnya fire wings richeese, saya lebih suka pedesnya makan ponggo setan yang cuma ada di Tegal. Oke kembali ke pembahasan.
Ternyata makan sehat itu bisa juga enak loh.
Cobalah memasak sendiri makanan kamu, kurangi atau hentikan penggunaan msg, pilihlah jenis masakan yang pengolahannya dengan direbus atau tanpa dipanaskan samasekali. Mungkin diawal percobaan kamu akan merasa aneh dengan rasa makananmu, namun itu sebenarnya hanya masalah kebiasaan saja. Kita yang hidup di Indonesia sejak kecil sudah terbiasa dengan makanan gurih penuh msg sekaligus pedas sampai keringat sebiji jagung, atau makanan manis semanis air gula. Itulah sebuah penyakit kebiasaan yang harus kita sembuhkan, mari sembuhkan Indonesia.
Padahal kalau kamu menikmati cita rasa teh, akan lebih mantap teh hijau tanpa gula. Bila kamu makan pedas, akan lebih terasa nikmat bila lidah kamu tidak sampai terbakar. Padahal bila kamu mengurangi msg tidak akan menghilangkan sedapnya masakanmu. padahal manisnya buah-buahan lebih segar dari sirup buah penuh gula. Dan sebagainya.

Kesimpulan

Setelah membaca panjang lebar artikel ini, pada intinya adalah saya mengajak kamu untuk memulai mengkonsumsi makanan sehat. Jangan khawatir dengan harga mahal, karena makan sehat juga bisa murah. Jangna khawatir dengan rasa yang gak enak, karena itu sebenarnya hanya kebiasaan saja. Mulailah untuk makan makanan sehat maka setelah terbiasa bahkan kamu bisa mengatakan makanan sehat lebih enak. Mari sembuhkan Indonesia dengan gaya hidup sehat. Mulai dari makan makanan sehat #sembutopia.
Karena apa yang kita masukan ke dalam tubuh akan menjadi apalah diri kita.

Sembutopia

Post ini saya khususkan untuk ikut serta mengkampanyekan hidup sehat yang digaungkan oleh "SEMBUTOPIA". Sembutopia merupakan ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi masayarkat Indonesia terutama generasi milenial yang melek digital agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. Dalam 6 bulan terakhir sejak didirikan, sembutopia aktif mengadakan kegiatan lomba-lomba bertemakan hidup sehat.

You Might Also Like

0 comments