Warga Semarang Berani Lawan Begal

By | Februari 23, 2018

Saya halalkan bagi masyarakat semarang apabila menemukan pelaku-pelaku seperti ini (pelaku-pelaku begal) untuk dihakimi secara massa. Saya tegaskan kembali, saya halalkan untuk dihakimi secara massa.
~Kombespol Abioso Seno Aji.
Eeiits, jangan langsung bersemangat untuk main hakim sendiri pada pelaku begal motor yah. Kalimat tersebut memang diucapan Bapak Kapolrestabes Semarang dan sempat viral di media beberapa hari lalu. Apakah pernyataan tersebut tidak menyalahi aturan? Lalu bagaimana bisa pernyataan tersebut diucapkan oleh seroang Kapolrestabes? Pertanyaan tersebut juga muncul dalam benak saya saat menyaksikan jumpa pers Polrestabes Semarang setelah berhasil meringkus sekelompok pelaku begal.
Beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 21 Februari 2018 saya mendapatkan jawabannya langsung dari Pak Abiyoso Seno Aji dalam acara Silaturahmi Kamtibmas Kapolrestabes Semarang bersama Media, Blogger, dan Komunitas se- Kota Semarang. Maraknya aksi begal yang terjadi di wilayah Kota Semarang akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat, sebagai seorang Kapolrestabes beliau merasa yang paling bertanggung jawab atas kerasahan ini. Tentu saja beliau juga sangat berempati kepada para korban begal dan kasus geng motor yang terjadi. Rasanya saya mengerti apa yang ada di benak beliau, apabila ada orang dekat saya yang mengalaminya (*semoga tidak, Aamiin) juga saya mungkin akan mengucapkan hal serupa.


Beberapa Kasus Begal

Yuk kita ulas dulu seberapa maraknya kasus begal yang terjadi di Kota Semarang. Kasus paling keji dialami oleh seorang driver Go Car yang dibunuh dengan kejam oleh penumpangnya sendiri. Parahnya lagi yaitu para pelaku masih berstatus siswa SMK.
Kasus begal yang paling terbaru terjadi pada 14 Februari lalu di Jl MT. Haryono yang dialami oleh pesepeda motor. Pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor setelah sebelumnya melukai korban hingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Beberapa kasus lain juga sempat saya dengar seperti yang dialami sopir ojek online di Jl R.A. Kartini pada 16 Februari lalu. Pada awal tahun juga terjadi kasus pembegalan pada seorang pengendara sepeda motor di Jl. Meteseh. Beberapa kasus lain mungkin ada yang tidak saya ketahui.

Upaya Polrestabes Semarang

Untuk menekan kegiatan kriminalitas di malam hari, polrestabes semarang telah membentuk tim elang sebagai tim patroli malam hari. Dengan adanya tim elang ini diharapkan dapat mencegah aksi kriminalitas, terutama begal motor. Tim elang berhasil menggagalkan rencana aksi begal dan menangkap para pelaku, ada beberapa cerita seru tentang aksi-aksi yang dilakukan oleh tim elang. Coba search aja kalau kamu pengin baca juga. Kasus begal yang telah terjadi seperti pembunuhan driver Go Car yang saya ceritakan di atas juga telah terungkap dengan cepat. Sepanjang tahun 2017, 10 dari 20 kasus begal telah terungkap. Selain itu, aksi begal lainnya berhasil dicegah atau digagalkan sebelum terjadi. Ada banyak sekali video di youtube yang meliput aksi tim elang mringkus para pelaku begal sebelum beraksi.

Tips Anti Begal untuk Masyarakat

Sebagai warga yang baik kita juga harus melakukan upaya untuk mencegah atau menghindari terjadinya pembegalan, setidaknya untuk orang terdekat dan diri senidri. Berikut adalah tips-tips keamanan yang mungkin bisa bermanfaat:
  1. Cepat tanggap pada aksi begal. Apabila kita melihat sekumpulan orang-orang yang mencurigakan, segera lapor ke polisi melalui call center 1500092. Atau setidaknya sampaikan pada yang RT/RW atau pos keamanan terdekat.
  2. Cepat tanggap pada teriakan korban begal. Apabila kita mendengar seseorang berteriak meminta tolong maka bergegaslah datang ke lokasi. Namun sebelum ke sana, ajaklah warga lain untuk menemani. Mungkin saja aksi begal masih bisa digagalkan, atau paling tidak dapat sesegera mungkin menyelamatkan korban mengingat aksi begal selalu disertai kekerasan.
  3. Atur panggilan darurat pada handphone. Pada setiap handphone tersedia fitur panggilan darurat yang dapat diatur dengan menekan tombol tertentu dengan cepat. Kamu bisa menghubungi call center 1500092 dengna cepat, bahkan dalam kondisi panik pun masih memungkinkan.
  4. Hindari bepergian tengah malam, apabila terpaksa maka hindarilah jalan-jalan yang sepi dan rawan begal.
  5. Tips terakhir adalah mohon kepada warga supaya tidak main hakim sendiri apabila berhasil menangkap pelaku begal. Karena sudah ada pihak kepolisian yang akan memproses secara hukum. Selain itu juga untuk menghindari salah tangkap yang akhirnya justru mengorbankan orang tidak bersalah.

Jika Menjadi Korban

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin menjadi korban begal. Namun apabila kamu berada dalam situasi ini maka cobalah untuk tetap tenang dan ingat baik-baik tips berikut ini:
  1. Umumnya begal langsung menyerang begitu mendekat, maka sebaiknya kamu berhati-hati apabila ada motor lain yang mendekat dari depan maupun belakang. Ini adalah yang paling penting, kamu dapat menghindari luka yang fatal apabila dapat menyadari aksi sesaat sebelum terjadi.
  2. Jaga jarak dengan pelaku, umumnya pelaku membawa senjata tajam, sebisa mungkin jaga jarak untuk menghindari serangan.
  3. Apabila kamu berkesempatan menyelamatkan diri, maka keselamatan dirimu itu lebih penting daripada motor. Namun sebelumnya jangan lupa mencabut kunci motor.
  4. Cobalah untuk menghabmat aksi begal untuk mengulur waktu. Dengan demikian kamu punya kesempatan untuk mencoba mengenali pelaku seperti ciri-ciri, jenis kendaraan, nomor plat, atau warna baju.
  5. Teriaklah minta tolong, apabila kamu berhasil menghambat aksi begal maka akan cukup waktu untuk tibanya bala bantuan dari warga sekitar atau pengendara lain yang lewat.
Terimakasih kepada pihak kepolisian yang terus berupaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khusunya untuk Polrestabes Semarang dengan tim elangnya. Untuk para korban dan keluarga korban semoga diberikan kesabaran.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Ngeri ya sekarang lagi muncul kasus-kasus begal, jadi harus lebih was-was kalo di jalanan sepi. Makasih mbak tipsnya, langsung save nomor call centernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap ~ hati-hati ya kalau berkendara malam-malam... jng lewat jalan yang rawan aksi begal

      Hapus
  2. Syereem aku bilang k suami kalo udah jam 10 malam ndak usahlah pergi2 agak jauh naik motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini aman sih mbak, asal lewat jalan-jalan utama yang masih ramai kendaraan.

      Hapus
  3. Alhamdulillah yaa sekarang ada call center yang mudah dihub .. Jadi polisi sekarang cepat tanggap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu ~ akses ke polisi sekarang lebih mudah.

      Hapus
  4. Begal itu memang berbahaya ya mbak. Di kampungku kalo malem serem mbak kalo naik motor sendirian. Beda banget lah kalo di kota. Btw, makasih sharingnya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ~ kalau daerah sepi emang biasanya rawan begal sih... makanya harus ttp waspada

      Hapus
  5. Jurus pertama sebaiknya pancen menghindari masalah sek. Mg2 semarang jd aman lagi begal2 tembak aja. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak... kalau enggak mau kena bahaya ya harus meminimalkan resiko. Semoga Semarang ttp aman :))

      Hapus