Pisang Aroma ini Cocok untuk Temani Waktu Ngeteh atau Ngopimu

By | Desember 05, 2017

Pisang Aroma
Pisang Aroma
Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pisang goreng atau pisang rebus, tapi bagaimana dengan Pisang Aroma? Baru pertama kali mendengarnya atau jangan-jangan kamu sudah menjadi salah satu penikmatnya?
Jajanan yang di produksi di Temanggung ini patut kamu coba. Selain kerena rasanya yang enak, ketahanannya yang bisa sampai 1 tahun ini membuat Pisang Aroma cocok dijadikan buah tangan atau oleh-oleh yang bisa kamu bawa pualng usai melancong ke daerah Jawa Tengah. 
Tepatnya di Dusun Sarangan 01/03, Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah inilah Pisang Aroma di produksi oleh sekelompok orang yang tergabung dalam KPK (Kelompok Petani Kecil) Mawar. Ibu Sri Mulyati sebagai pemrakarsa sudah melakoni usaha ini sejak 16 tahun silam.


Sekitar bulan Maret tahun 2001 sosok Ibu Sri Mulyati berpetualang menjajakan Pisang Aroma dari Temanggung hingga Magelang. Beliau harus rela berjalan kaki dan berdesak-desakan di angkutan umum demi menjajakan Pisang Aroma buatannya. Siapa sangka usaha dan keuletan Ibu Sri Mulyati itu berbuah manis, karena saat ini beliau dan rekan-rekan yang tergabung dalam KPK Mawar memiliki omzet hingga 500 juta perbulan dari Pisang Aroma. 
***
Jumat 17 November 2017 lalu saya, taman-teman blogger dan media serta rombongan dari Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah berkesempatan mengunjungi tempat produksi dan melihat langsung proses pembuatan Pisang Aroma.
Di sana saya berkesempatan langsung berbincang dengan Ibu hebat ini. Dari penuturan beliau Pisang Aroma kini sudah bisa dipasarkan ke seluruh pulau Jawa bahkan sampai ke Sumatera dan Kalimantan. Khususnya di daerah Demak, Kudus, Yogyakarta dan Balikpapan. Jangan khawatir Pisang Aroma ini juga bisa ditemukan di sekitar Kabupaten Banjarnegara khususnya di sentra oleh-oleh sekitar Dieng. 
Untuk membuat Pisang Aroma sendiri prosesnya lumayan panjang. Dari mulai membuat adonan kulit, menggulung pisang dengan kulit, menggoreng, meniriskan hingga proses pengemasan. Pertama-tama adonan kulit pisang dibuat dengan campuran tepung terigu dan gula pasir dicampur dengan air, minyak secukupnya, sedikit garam dan vanili lalu aduk hingga adonan menjadi kalis. Selanjutnya adonan kulit ini disangrai pada wajan khusus yang sudah panas. Adonan kulit Pisang Aroma ini mirip dengan adonan lumpia atau kulit martabak telur yang banyak dijual di pasar.  
Proses Pembuatan Kulit Pisang Aroma
Proses Pembuatan Kulit Pisang Aroma
Kemudian adonan kulit yang sudah matang siap diisi dengan potongan pisang jenis raja nangka atau pisang belitung dan sedikit gula pasir. Setelah itu adonan digulung dan di lem menggunakan lem dari tepung dan air. Gulungan Pisang Aroma ini kemudian di potong-potong dengan ukuran tertentu. Dipotong menjadi dua atau dipotong kecil-kecil dan ada juga yang langsung di goreng tanpa dipotong terlebih dahulu. Hal ini tergantung permintaan dari konsumen. 
Proses menggulung Pisang Aroma
Proses menggulung Pisang Aroma
Proses selanjutnya adalah penggorengan. Pisang Aroma digoreng di atas tungku panas dengan bahan bakar kayu agar panas dari api lebih merata dan menghasilkan aroma khas yang lebih harum. Lama penggorengan sekitar 10-30 menit tergantung besar kecilnya api yang dihasilkan dari kayu bakar. Pisang Aroma yang sudah digoreng tersebut selanjutnya ditiriskan. Lalu dimasukkan ke alat semacam spinner untuk mengurangi kandungan minyaknya. 
Proses menggoreng Pisang Aroma
Proses menggoreng Pisang Aroma
Terakhir, Pisang Aroma di packing sesuai dengan grade dan jenisnya. Satu bungkus Pisang Aroma dengan berat bersih 500 gram dibandrol dengan harga empat belas ribu rupiah saja. Harga yang sangat murah menurut saya untuk jajanan manis, renyah dan gurih dari bahan baku pisang ini. Terlebih lagi Pisang Aroma ini tahan lama dan cocok untuk camilan segala suasana termasuk untuk menemani waktu ngeteh atau ngopi bareng keluarga. 
Tertarik mencoba?
Tertarik mencoba?
Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?
Kalau kamu sedang berada di daerah Temanggung dan sekitarnya boleh loh berkunjung ke tampat produksi Pisang Aroma langsung, alamatnya di:
Dusun Sarangan 03/01, Desa Gesing 
Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung
Jawa Tengah
Telp 0813 2802 6434

Kunjungan ke sentra produksi Pisang Aroma KPK Mawar
dilakukan dalam rangka Familiarization Trip Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah
17-19 November 2017

You Might Also Like

10 komentar

  1. Enak ini sambil ngeteh sore-sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi pas hujan-hujan kek gini :))

      Hapus
  2. Baca tulisan ini dan di Jakarta lagi hujan-hujan syahdu gitu. Jadi pengen bikin teh panas tawar sambil ngemil ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok tuh kak :)) wuenak lan mantep!

      Hapus
  3. Wah aku suka banget pisang aroma, jadi kepengen nih 😀

    BalasHapus
  4. Suka bingiiiit pisang aroma, asyiknyaa bisa ke ukmnya langsung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak alhmdllh dapet kesempatan tak terduga :D

      Hapus
  5. aku suka banget pisang ini tempatku nyebutnya pisang karamel mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada juga yang bilang ini pisang karamel karena gulanya jadi karamel pas digoreng :D

      Hapus