Ini yang Harus Kalian Siapkan untuk Menyambut Liburan Panjang Akhir Tahun! Yang Terakhir Jangan Sampai Kelupaan

By | Desember 27, 2017

Akhir tahun bengini banyak sekali libur panjang, ada libur hari raya natal pada tanggal 25 dan 26 Desember dan seminggu kemudian libur tahun baru masehi. Apalagi kalo tanggal merahnya hari Senin atau Selasa atau Jum'at. Wah udah makin panjang lagi tuh liburan. Hayo kalian udah liburan ke mana? Biasanya itu yang ditanyakan orang-orang. Tapi sekarang enggak juga sih, karena udah banyak orang pada post liburan mereka masing-masing di sosmed. Ada juga yang saling jealous dengan liburan orang lain. Ya begitulah euforia dunia nyata maupun maya saat libur panjang.
Liburan itu ya piknik ke objek wisata, ke mana aja bareng sama keluarga atau teman. Yup bener baget, tapi menurut saya bukan saat libur panjang begini. Jadi kalau saya ditanya seperti tadi, udah liburan ke mana aja, saya justru bilang gak kemana-kemana. Kenapa? Karena saat libur panjang, objek wisata manapun semua pasti padat banget. Beberapa yang lagi ngehits bahkan sampe mau naik wahana aja harus antri. Belum juga perjalanan menuju lokasi sering macet. Ah kalau begitu sih biar deh yang liburan di saat libur panjang begini biar dinikmati mereka aja yang mungkin susah cari waktu luang bersama-sama. Duh kok jadi nyombong yah. 😁😁😁


Oke cukup sudah basa basinya, langsung saja saya mau berbagi tips liburan di libur panjang. Bagi kalian yang ingin memanfaatkan liburan panjang untuk berlibur bersama teman atau keluarga wajib baca post ini sampai selesai. Kira-kira supaya liburan jadi bahagia maksimal, apa aja yang harus disiapkan untuk liburan?

Perencanaan

Libur panjang akhir tahun pasti terjadi setiap tahunnya di tanggal yang sama. Apabila kamu berencana untuk berlibur akhir tahun nanti, maka semua hal harus direncanakan sedetail mungkin.

Waktu liburan

Kamu harus melihat kalender untuk memastikan libur akan mulai dari tanggal berapa dan berakhir tanggal berapa. Misalnya pada 2017 ini libur dimulai pada hari sabtu 23 Desember karena hari raya natal jatuh pada hari Senin. Bisa jadi tahun-tahun berikutnya  hari natal jatuh pada hari Rabu dan Kamis sehingga hari Jum'at jadi "harpitnas" alias hari kejepit nasional.

Durasi liburan

Berapa lama kamu akan berwisata? Hal ini harus ditentukan karena berpengaruh pada budget yang harus disiapkan. Dalam libur panjang, sebaiknya jangan berlibur seharian saja terus pulang. Perjalanan untuk menuju wisata sudah melelahkan, sewalah penginapan untuk stay selama dua atau tiga hari. Namun perlu kamu ingat bahwa setelah libur panjang usai kamu harus kembali bekerja. Jadi sisakan waktu untuk istirahat di rumah satu atau dua hari.

Objek Wisata

Menentukan objek wisata sangat penting. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih objek wisata. Saat libur panjang, hampir semua objek wisata penuh sesak. Tentukan pilihan kamu pada objek wisata anti mainstream supaya kamu tetap bisa menikmati wahana dan suasananya. Hindari objek wisata yang memiliki luas terbatas seperti pemandian, tracking, dsb.

Budget

Wisata di manapun juga pasti tetap membutuhkan dana. Supaya liburan jadi maksimal, pastikan semua kebutuhan sudah dianggarkan. Dengan perencanaan jauh-jauh hari kamu bisa mendapatkan informasi biaya-biaya yang dibutuhkan seperti penginapan, tiket masuk, transportasi dsb. Jangan lupa alokasikan budget untuk oleh-oleh juga. Sediakan uang cadangan untuk kebutuhan tidak terduga yang nanti tiba-tiba muncul.

Perlengkapan

Transportasi

Kemana objek wisata yang dituju sangat penting untuk menentukan transportasi yang akan digunakan. Beberapa orang lebih suka menggunakan transportasi publik, namun banyak juga yang suka menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mengurangi kemacetan, sebaiknya kita gunakan transportasi publik seperti kereta atau pesawat jika tujuan wisata kamu ada di luar kota. Transportasi publik meminimalkan resiko kecelakaan, terutama saat perjalanan pulang saat kamu dalam kondisi lelah. Lagipula saat ini sudah banyak layanan ojek dan taksi online untuk menjangkau lokasi yang jauh dari stasiun atau bandara.

Pakaian

Pakaian harus disesuaikan dengan tujuan objek wisata kamu. Bila kamu hendak ke pegunaungan, gunakan baju-baju yang tebal. Namun bila kamu wisata pantai, gunakan baju longgar yang tipis dan cukup menyerap keringat. Sediakan beberapa pakaian untuk persiapan menginap beberapa hari. Namun bila salah satu tujuanmu ada wisata belanja, sebaiknya beli baju di lokasi wisata saja untuk digunakan di sana untuk mengurangi beban bawaan.

Bekal makan/minuman

Meskipun salah satu tujuan wisata adalah wisata kuliner, tetap saja sebaiknya kamu siapkan bekal makanan. Menyiapkan bekal makanan akan menghemat pengeluaran di awal, selain itu juga untuk berjaga-jaga apabila kamu tidak cocok dengan karakteristik makanan di lokasi wisata. Sebaiknya siapkan makanan yang bisa bertahan setidaknya 24 jam.

Waspada Musim

Saat libur panjang akhir tahun biasanya bertepatan dengan musim hujan di Indonesia. Kecuali kalau kamu berlibur ke Eropa atau negara lain yang jauh di sana. Kemanapun tujuan wisata kamu, selalu sediakan payung atau jas hujan. Selain itu siapkan thumbler khusus air panas untuk menghangatkan badan disaat cuaca sedang dingin.

Tool Box

Inilah yang paling sering dilewatkan oleh orang-orang. Saat bepergian kemanapun dan untuk tujuan apapun sebaiknya selalu sedia satu set tool box. Saat ini banyak variasi universal tools yang beredar di pasaran. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam keadaan-keadaan tertentu terutama saat darurat.

Obat pribadi

Beberapa orang mengidap penyakit tertentu yang mengharuskan minum obat-obatan secara teratur. Jangan sampai lupa membawa obat-obat yang biasa kamu minum. Selain itu untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan obat-obat yang umum dibutuhkan. Apalagi saat musim hujan biasanya banyak orang mengalami flu, jadi sangat penting membawa obat flu, masuk angin, dsb.

Ritual Pribadi

Bagi kalian yang biasanya harus melakukan ritual khusus setiap hari, jangan lupa siapkan perlengkapan ritual kalian yah. Terutama yang ciwi-ciwi nih biasanya setiap malam dan pagi ada berbagai ritual skincare yang harus dilakukan. Jangan sampai menyesal karena wajah breakout pasca liburan. Yang ada malah jadi stress lagi deh.

Nah itulah kira-kira tips komplit liburan panjang di akhir tahun yang bisa saya bagi. Meskipun saya gak bisa liburan di akhir tahun, tapi inilah yang biasa saya perhatikan saat hendak bepergian jauh untuk liburan, voluntary ataupun tujuan lainnya untuk waktu yang cukup lama.
Kalo kalian punya tips tambahan, jangan malu-malu untuk menulisnya di kolom komentar yah, nanti saya cantumin nama dan tips kamu di bagian bawah post ini juga. Thanks.

~ Tips komplit pake telur liburan panjang akhir tahun ini special saya tulis untuk pemenang Arisan Blog Gandjel Rel periode 18. Duo mbak super mbak Uniek Kaswaganti & mbak Novia Domi, kiss kiss! :*


You Might Also Like

8 komentar

  1. Waah komplit banget tipsnya..thanks for sharing ya...bisa dijadiin referensi saat liburan tiba :D

    BalasHapus
  2. budget itu yang paling penting y mbak nuzha ...mksh tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau ga ada budget gabisa liburan :p heheheee
      Masama mbak Ningrum :))

      Hapus
  3. komplit euy... kayak mie pake telor komplitnya.. thks ya nuzhaa

    BalasHapus
  4. Jadi pengen mi kasih telor, tapi dibuatin aja, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuatin sama bapak-bapak penjual bakmie jowo ya mbak :D

      Hapus