Rumah Impian Untuk Tinggal Berdua dengan si Dia

By | Oktober 31, 2017

Pasangan muda yang berencana untuk menikah dan punya rumah pasti pernah ngomongin design rumah idaman untuk tinggal berdua. Tidak terkecuali saya dan si dia. Kita pernah larut dalam pembicaraan tentang rumah idaman sampai semalaman (via hand phone jaman masih LDR-an dulu).
Inti dari obrolan kita rumah yang nanti akan kita bangun minimal harus mempunyai satu kamar utama, working space, halaman rumah, dapur, kamar mandi, ruang untuk menjemur pakaian dan ruang keluarga yang bisa difungsikan sebagai ruang tamu juga.
Ngomong-ngomong soal rumah idaman, adakah yang pernah nonton film Koera berjudul Architecture 101 atau Introduction to Architecture? Film ini bercerita tentang seorang yang ingin membangun kembali rumah lamaya. Dalam proses pembangunan itu ternyata banyak kenangan-kenangan lama yang menyeruak kembali ke permukaan. Rumah impian yang kita ingin bangun kurang lebih seperti rumah di film itu.
Karena sudah berencana untuk menetap di Semarang, kita berencana untuk membangun rumah di daerah Ngaliyan atau Ungaran. Seperti apa detail rumahnya? Yuk kita intip bareng-bareng!

Ada teras di atap rumah


teras di atap rumah

Bentuk atap rumah tidak melulu segitiga, justru apabila dibuat datar dan persegi panjang malah bisa jadi space atau halaman tambahan di atas rumah. Space ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk camping, pesta kebun dan barbecue ataupun sekedar bersantai menikmati pemandangan pagi dan senja hari.
Rumah dengan model seperti ini mungkin pas banget nih kalau di bangun di Kabupaten Semarang terutama di daerah Ungaran agar mendapatkan view gunung Ungaran. Atau di daerah Gombel-Ngaliyan agar bisa mendapat view gemerlapnya lampu kota Semarang bagian bawah.

Ruang keluarga sekaligus ruang tamu

ruang keluarga sekaligus ruang tamu

Saya selalu mengidamkan ruang keluarga yang luas tanpa ada TV. Ruang di mana kita bisa menghabiskan quality time bersama dengan ngobrol atau bermain game. Spot luas ini bisa juga kita manfaatkan untuk membaca atau sekedar lenyah-lenyeh minum teh.

Kamar utama plus walk in closet

kama utama
walk in closet

Punya walk in closet yang menyatu dengan kamar utama adalah salah satu impian saya. Kamar utama tidak perlu luas dan ada kamar mandinya yang penting tersedia space memadai untuk menaruh barang-barang dan pakaian. 

Working space (perpus mini & ruang server)


working space

Karena saya bercita-cita untuk bisa bekerja dari rumah, maka working space di dalam rumah adalah salah satu yang paling penting. Hobi membaca yang dari dulu saya punya rupanya juga mengharuskan saya menyisihkan sebagian ruang untuk menyimpan koleksi buku bacaan saya. Sadangkan untuk si dia yang bergelut di bidang riset jaringan komputer, maka  satu set rak server juga perlu ada di sana.

Dapur minimalis plus ruang makan


dapur minimalis plus ruang makan

Tak perlu terlalu luas yang penting peralatannya lengkap dan bisa buat masak ala-ala. Meja makan pun tidak perlu ada di ruangan tersendiri, menyatu dengan dapur pun tidak apa-apa, yang penting satu keluarga selalu menyempatkan waktu untuk makan bersama. 

Kamar mandi dan ruang cuci jemur


kamar mandi minimalis
laundry room
Bagian paling penting adalah kamar mandi serta ruang untuk mencuci pakaian dan menjemurnya. Letaknya bisa berdekatan agar mobilitas kita bisa semakin mudah. Mungkin kita bisa menyisihkan sedikit halaman belakang sebagai tempat untuk menjemur pakaian.

~ Tulisan ini special dibuat untuk pemenang Arisan Blog Gandjel Rel periode 14 Mbak Acha Bella dan Mbak Dian Nafi. Tema rumah impian ini sempat bikin dilemma sebelum akhirnya bisa tayang di blog ini, tapi akhirnya selesai juga yeay!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Semoga segera menikah biar bisa mewujudkan rumah impiannya ya uzha 😊

    BalasHapus
  2. Wah tampaknya akan jd rmh yg nyaman ya. Semoga terkabul keinginannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja ya mbak Farida :)) doakan...

      Hapus
  3. Rumah idamannya baguuuss.. Semoga segera terkabul ya mbak.. =)

    BalasHapus
  4. Gambarnya bagus2. Bikin pengen

    BalasHapus
  5. Rumah idamannya kayak rumah di luar negri, bagus semua. Moga segera terwujud yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha namanya juga planning, jadi ambil yang bagus-bagus dong mbak. :D

      Hapus
  6. Walk in closet tu emang penting banget ya. Aku juga pengen bikin kek gitu di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyese, kalau lihat barang-barang yang tercecer di kamar bawaannya ga pernah rapi jadi pengen bikin walk in closet ala kadarnya. Jadi pas punya rumah nnti harus beneran ada walk in closet-nya :))

      Hapus
  7. Boooook ruang server lhoooo..kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat riset sama nambang bit coin mbak :D hehehehee lumayan kan?

      Hapus
  8. hmmmmm...semoga tercapai apa yg dicita2kan ya mb

    BalasHapus
  9. kereen gue juga suka rumahnya yg dari filmnya Han Ga In tuh

    BalasHapus