Ngeblog Berawal dari Hobi

By | October 18, 2017

Saya mau cerita tentang embrio-embrio blongging yang saya tekuni sejak jaman kuliah dulu ya. Dari awalnya cuma iseng bikin blog pas pertama kali kenal internet tahun 2009 sampai akhirnya dapat tugas sekolah untuk membuat sebuah blog. Tentu saja saat itu saya belum mulai aktif menghasilkan postingan di blog. Saya mulai aktif blogging itu sekitar akhir tahun 2012. Waktu itu saya tidak menyangka dunia blogger akan berkembang sepesat sekarang. Dan waktu itu juga saya tidak membayangkan bahwa aktifitas blogging akan bisa seasyik ini. 
Bagi saya ngeblog itu ga jauh-jauh dari hobi sih. Dan pada kenyataannya juga tema blog yang saya tulis juga tidak jauh-jauh dari hobi saya. Kali ini saya mau share nih hobi-hobi apa saja yang mempengaruhi saya dalam dunia blogging.

Membaca & Menulis

Dari jaman SD dulu setiap kali ditanya hobi saya apa pasti saya jawab membaca. Bukan karena saya benar-benar suka membaca sih tapi karena dulu sempet bingung kalau ditanya tentang kegemaran atau yang lebih terkenal dengan sebutan hobi tersebut. Saya selalu bilang kalau hobi saya adalah membaca karena menurut saya keren saja kalau ada orang yang hobi membaca, kelihatan pinter (atau sok pinter? :p), dan kedengarannya hebat dong ya di saat teman-teman lain bilang kalau hobi mereka adalah bermain.
aktor korea
Hahahaha, iya dulu saya bilang kalau saya hobi membaca sepertinya hanya pencitraan saja. Pencitraan yang terus menerus saya pertahankan. Bukan hanya saat ditanya oleh orang lain saja, tapi juga saat mengisi biodata, formulir pendaftaran, saat membuat tugas menulis cerita, dan setiap ketmu apa saja yang ada kaitannya dengan hobi pasti akan saya hubungkan dengan kegiatan membaca. 
Kalau dibanding adik saya dan sepupu-sepupu saya sih saya masih kalah sama mereka. Ohya, saya jadi ingat orang yang membuat saya akhirnya jadi suka membaca beneran adalah dua sepupu saya. Mereka suka koleksi buku dan buku-buku koleksi mereka selalu saya baca karena buku bacaan koleksi mereka selalu renyah dan ringan untuk saya cerna. Dulu saya malah pernah baca buku Anak Kos Dodol punya Mbak Dewi Rieka karena sepupu saya punya 3 bukunya kalau ga salah. Lupa sih abisnya udah lama banget, itu pas jaman SMP. 
Nah, karena saya terus-terusan mengatakan kalau hobi saya adalah membaca sampai sekarang akhirnya saya jadi suka membaca beneran. Mungkin karena sugesti diri itu bener-bener efektif ya. Dari banyak membaca itulah saya jadi tertarik untuk menulis. Orang yang selalu mendorong saya untuk menulis adalah almarhum Ayah saya. Karena beliau juga sering menulis jadi mungkin ada gen bawaan yang diturunkan ke saya. 
Ayah sering menyarankan saya untuk mengirim hasil tulisan ke redaksi koran dan majalah lokal. Saya pun rajin melakukannya tapi karena tulisan saya sering tidak tembus media cetak, semangat menulis saya sempat hilang. Namun semangat menulis saya bisa kembali lagi karena blogging. Iyalah secara blog adalah media personal, jadi tulisannya pun tidak disunting oleh editor terlebih dahulu. Saya bebas mengekspresikan pikiran saya melalui tulisan.

Makan & Jalan-jalan

4 tahun lamanya saya mengelola single blog yang bisa kalian cek di sini. Blog pertama saya lebih fokus membahas tentang review skin care, body care, kosmetik dan lain sebagainya. Pokoknya yang ada kaitannya dengan dunia kecantikan dan wanita lah.
aktor korea
Belakangan ini saya mulai membuat blog lain yang tujuannya untuk mendokumentasikan tempat makan favorite dan kenangan saat saya jalan-jalan. Saya suka sekali makan. Yes! Siapa yang ga suka makan sih ya? Dan saya suka sekali mencoba hal baru. Jadi saya suka makan dan selalu cari tempat makan baru dan mencoba menu makanan yang belum pernah saya coba sebelumnya. Bocoran buat kalian nih, sebenarnya sudah banyak lho artikel tentang makanan yang antri di draft blog ini.
Selain makan saya juga suka jalan-jalan. Ya walaupun ga terlalu sering jalan-jalan sih (ciyan!). Buat saya pribadi hidup ini juga merupakan perjalanan sih ya (ciee) jadi, selain jalan-jalan beneran di blog ini saya juga tulis sedikit mengenai perjalanan hidup saya.   

Fotografi

Mulai suka sama fotografi sih baru-baru ini ya. Jadi saya masih newbie dan belum jago-jago amat. Tapi saya terus-terusan belajar fotografi karena skill fotografi walaupun seiprit bisa menunjang aktifitas blogging. Ya iyalah masa nulis tentang review produk fotonya ga seimbang? Nulis tentang makanan masa ga bisa bikin foto makanan jadi menggiurkan? nulis tentang jalan-jalan masa gabisa ngambil angle tempat yang bagus?  
Maka dari itu banyak blogger yang akhrinya belajar fotografi. Mau ga mau kan ya harus belajar, biar blognya jadi semakin menarik. Biar foto-foto di blognya bisa jadi kece. Jadi banyak pengunjung yang betah berlama-lama di blog kita walaupun cuma karena mantengin dan mengagumi hasil jempretan kita. Bahkan pernah ada yang menyarankan untuk memasang foto-foto bagus di blog untuk mengurangi bounce rate lho.
aktor korea
Anyway, fotografi tidak melulu menggunakan kamera DSLR yang harganya bisa sampai berjut-jut lho... fotografi dengan model ponselpun bisa. Pertama kali saya belajar fotografi juga gara-gara saya gabung sama komunitas fotografi ponsel. Dulu komunitanya lumayan aktif, apalagi regional Semarang, tapi kok sekarang ga kedengeran lagi ya? Ah, atau mungkin saya saja yang kurang update. Kalau kalian tertarik juga coba bisa seracrh group Coferone di Facebook. 

Bonus

Hobi saya belakangan ini adalah nonton drama Korea. Kalian pasti bingung dan bertanya-tanya. Ini si Nuzha kenapa artikel tentang hobi kok gambarnya oppa oppa semua sih? Hehehe sengaja biar yang baca ikut terkagum-kagum sama pesona oppa tampan dari Korea. Jadi betah deh berlama-lama di sini. Satu lagi karena hobi nonton drama Korea jadi saya tau nama-nama oppa yang banyak digandrungi fans terurtama di Indonesia. Saya pasang aja deh foto-foto mereka di artikel ini. Itung-itung nurunin bounce rate blog juga. Hahahahaha
aktor korea

Nah, itu dia hobi-hobi yang akhirnya bisa menarik saya ke dunia blogging dan mendukung saya untuk terus aktif dan produktif di sini. Kalau kalian apa? Bisa share di kolom komentar lho...

~Tulisan ini saya buat special untuk Mbak-Mbak blogger kesayangan dari group blogger kesayangan saya sampai sekarang. Arisan Blog Gandjel Rel periode 13 kali ini bertema tentang aku dan hobiku. Thanks to Mbak Ika Puspita dan Mbak Arina Mambruroh yang udah milih tema seasik ini *ketchup mandja :*

You Might Also Like

18 comments

  1. Hai Mbak, buat aku yg jarang makan di luar sebenarnya pengen banget nulis artikel review makanan gitu deh. Ehm, kalau misalnya ngereview jajanan kucingan gitu laku nggak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mba :D
      Tulis aja mbak, aku juga kemaren diajak colab sama youtuber buat review angkringan tp videonya blm tayang sih ... hahaha

      Delete
  2. Wah... hobi ujha keren2 ih.. ak pengen juga belajar fotografi. Kpn2 kl ketemu uja lagi mau dunk diajarin yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh aku juga ga jago-jago amat mba.. boleh nnti belajar sama-sama :)

      Delete
  3. Aku juga suka nonton drama korea,, tp nggak hafal sama nama2 pemainnya. La wong judulnya aja kadang suka lupa. Yg diinget jalan ceritanya. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir-akhir ini aku jadi makin suka sama drama Korea karena jalan ceritanya makin realistis. Bukan lagi cinta antara si kaya dan miskin tapi drakor sekarang lbh banyak mengangkat problem yang kita hadapi sehari-hari. Dulu cuma perusahaan gede yang muncul di drakor tapi sekarang drakor sudah bercderita ttg start up. Beda banget deh pokoknya!

      Delete
  4. Wah oppa soo jong ki, oppa lee min hoo, oppa gong yo, bikin gagal fokus 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak masa oppa Teacyeon ga disebut sih? Kan dia yang paling guanteng. :p

      Delete
  5. Oh ternyata penyuka drama korea juga ya, aku blas gak paham siapa mereka itu. Maksudnya namanya siapa aja, heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak :D aku bisa sampe seharian ga bobok kalau nnton drakor yang asik...

      Delete
  6. Ujha anak muda yang kekinian banget ya...hobinya beragam termasuk fotografi dan mentengin wajah ganteng oppa-oppa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mantengin wajah ganteng Pak Ganjar juga mbak :D

      Delete
  7. Nonton drakor aku udah insyaf sekarang. Dulu sukak banget lama2 jd jenuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jenuh sama drakor yang dulu coba deh nonton drama yang baru coba nnton Go Back Couple, itu bagus ceritanya ga bikin jenuh :D

      Delete
  8. Aduuuh itu si Goblin eh Oppa Gong Yoo, juga minta di ketjup basyah :p
    hihi
    Tengkiu ya udah cerita tentang hobi kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak! Ya Allah... aku ngakak baca komenmu. Segala ketjup basah dibawa-bawa :D

      Delete
  9. Kenapa ya cara kamu narik perhatian pembaca tepat banget dengan display foto2 oppa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gimana dong? Udah jadi penggemar oppa oppa Korea sih :D

      Delete