Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula

By | September 22, 2017

Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula
Before & After Edit
Aplikasi edit foto untuk pemula – Bagi blogger masalah edit-edit foto mungkin sudah tidak asing lagi ya. Karena foto adalah salah satu aspek pendukung kita dalam dunia blogging. Tidak dipungkiri foto yang bagus dapat menunjang performa blog yang kita miliki. Para pengunjung blog pasti lebih senang berkunjung ke blog dengan foto-foto yang bagus. Jadi mau tidak mau kita sebagai blogger harus putar otak gimana caranya agar foto di blog terlihat menarik. Menarik dalam arti foto tidak blur, tidak under exposure ataupun over exposure, warna di foto terlihat seperti warna asli, tidak miring (kecuali memang sengaja dibuat miring) dan terlihat cerah.
Sebenarnya tidak harus menggunakan kamera yang mahal kok untuk membuat foto-foto yang bagus dan eye-catching, modal kamera hape dan lighting alami pun bisa. Terus gimana dong buat yang ga selalu bisa ambil gambar pas golden hour? Solusinya sejauh ini adalah ambil gambar dengan lighting yang memadai dan gunakan aplikasi edit foto yang mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.
Saya punya rekomendasi nih dua aplikasi edit foto untuk pemula yang mudah digunakan dan sangat user friendly. Satu aplikasi berbasis di smartphone yang satu lagi di desktop komputer. Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Baca sampai tuntas ya! 

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dinobatkan sebagai salah satu aplikasi edit foto yang paling diminati oleh para fotografer ponsel. Tahun 2014 salah satu teman saya dari komunitas fotografi ponsel memperkenalkan aplikasi ini. Snapseed sangat mudah digunakan dan sangat ringan jika dibandingan dengan aplikasi edit foto yang lain dengan fitur serupa. 
Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula
Logo aplikasi Snapseed
Fitur yang ditawarkan Snapseed cukup lengkap, terdiri dari tools dan filters. Tools dari Snapseed sendiri terdiri dari: tune image, details, crop, rotate, perspective, white balance, brush, selective, healing, vignette, text, curves dan expand. Sedangkan filters yang dimiliki Snapsedd antara lain: lens blur, glamour glow, tonal contrast, HDR scape, drama, grunge, grainy film, vintage, retrolux, noir, black and white, frame dan face. 
Tentu saja saya tidak begitu menguasai semua fitur yang ada, tapi fitur yang sering saya gunakan sudah cukup untuk membuat hasil foto jepretan saya (baik menggunakan smartphone atau kamera mirrorless) menjadi lebih menarik. Sebagai contoh foto before-after di atas. Bisa kita lihat foto before warnanya lebih kusam dibanding afternya. Untuk menghasilkan foto after saya hanya memainkan 3 tools saja yaitu: crop, tune image dan curves.
Berikut ini mini turorialnya: (PS kalian bisa download aplikasi Snapseed di Google Play Store atau AppStore secara gratis).
Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula
Mini tutorial edit foto di Snapseed (dari kiri ke kanan)
  1. Buka aplikasi Snapseed lalu klik OPEN di pojok kiri atas, pilih foto yang akan kita edit. Untuk mulai mengedit klik icon edit di pojok kanan bawah.
  2. Untuk mengatur kembali komposisi foto, saya merasa perlu untuk meng-crop foto tersebut agar tulisan pada botol terlihat lebih jelas tanpa menghilangkan bentuk utuh dari botol tersebut. Pada tools pilih menu crop (nomor satu) kemudian crop sesuai bentuk aslinya (original crop). Setelah dirasa sesuai klik tanda centang pada pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya saya mengatur kecerahan gambar menggunakan tools tune images. Langkahnya sama seperti sebelumnya. Klik icon edit lalu pilih tune image (nomor dua). Klik icon auto-adjust (yang seperti tongkat sihir) atau bisa juga menggeser jari secara vertikal untuk adjust manual. Untuk menambah atau mengurangi intensitas bisa geser secara horizontal. 
  4. Klik icon edit lalu pilih curve (nomor tiga). Kita bisa adjust dengan sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga memilih template yang telah disediakan dengan cara klik icon yang seperti gambar notebook (fitur ini mirip seperti auto-adjust).
  5. Setelah selesai klik icon save (ada di atas, persis diseberang tulisan OPEN). 
Nah, bagaimana? Mudah sekali kan? Snapseed ini memang aplikasi edit foto untuk pemula yang sangat gampang dipelajari dan juga gampang digunakan. Aplikasi ini cocok sekali dipakai untuk mengedit foto pada saat kita sedang butuh edit cepat dan membutuhkan hasil yang tidak ecek-ecek. Mudah dan cepat karena aplikasi ini bisa digunakan kapan pun dimanapun melalui smartphone kita. 

Photoscape

Aplikasi selanjutnya adalah photoscape. Berbeda dengan Snapseed yang berbasis mobile, Photoscape ini berbasis di komputer desktop atau personal computer (less-mobility). Saya sudah memakai aplikasi ini sejak SMK. Jaman dulu saya edit foto yang alay dan ga jauh-jauh dari add frame, add filter, tempel sticker sana sini tidak lupa juga tambahan kata-kata alay khas teenager jaman then (baca: remaja jaman dulu). 
Yang sering saya jelajahi di Phothoscape adalah menu editor dan combine. Editor berisi menu-menu khas foto editor dan combine adalah tools khusus untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Mini tutorial di atas saya edit menggunakan Photoscape lho...
Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula
Photoscape
Kira-kira seperti ini prosesnya: Pertama beberapa screen-shoot dari hape saya kumpulkan dalam satu folder. Buka aplikasi Photoscape, pilih combine, cari tempat dimana kita menyimpan file tersebut kemudian drag file-file gambar screen-shoot ke tempat yang ada di atas.
Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula
Photoscape Mini Tutoria
Pilih side, lalu klik edit. Selanjutnya kita akan dibawa ke tab editor. Setelah itu kita bisa edit seperlunya (hanya menambahkan beberapa image pendukung yang diperlukan). Tada! Jadi deh mini tutorial edit foto di Snapseed yang diedit menggunakan Photoscape.
Nah, itu dia aplikasi edit foto untuk pemula yang sangat gampang digunakan dan sangat membantu dalam dunia per-blogging-an. Dua aplikasi tersebut juga merupakan aplikasi andalan saya, kalau kamu apa? Share di kolom komentar yuk! 

~Tulisan ini dibuat untuk Arisan Blog Gandjel Rel periode 11 untuk Mbak Rahma dan Mbak Nyi Penengah Dewanti. Maksih lho... tema kali ini bikin saya semangat buat nulis mini tutorial. Semoga bermanfaat untuk my beloved fellow blogger ya :*

You Might Also Like

6 komentar

  1. Dulu, pas masih ngeblog pake netbook aku juga pake photoscape, Mbak. Gampil banget. Hihihi. Dapat aplikasi ini paa awal2 kuliah. Saking senengnya suka edit foto selfie pake emot2 lucu gitu. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama mbak aku juga dulu gitu, suka edit foto-foto selfie dan grofie bareng temen-temen pas jaman SMK :D

      Hapus
  2. Wah.. keren mini tutorialnya ujhaaa.. smoga makin sukses terus ngeblognya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, makasih mbak Rahma :) sukses juga buat kamu mbak!

      Hapus
  3. Terima kasih tutorialnya mba :)

    BalasHapus