Cara Mengobati Ayang-ayangan

By | Juli 12, 2017

Uricran mengobati ayang-ayangan
Uricran (image source http://uricran.co.id)
Halo semua, Hari ini saya akan sedikit cerita tentang pengalaman dimarahin sama pacar yang berkaitan juga dengan judul post di atas. Yaitu soal ayang-ayangan.
Ceritanya kemarin kami habis liburan bareng teman-teman ke wisata Candi Gedong Songo. Kalian yang orang semarang pasti pernah ke sana kan? Balik ke cerita. Jadi ceritanya dalam perjalanan pulang, si doi minta mampir ke SPBU terdekat karena kebelet pipis katanya. Namun sayang sekali liat-liat SPBU kok adanya di kanan jalan terus, sampe ahirnya kebablasan samapi di destinasi terahir yaitu Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Nyari toilet udah dikunci semua, karena memang sampe situ udah hampir jam 9 malem. Akhirnya nemu juga toilet di area dekat pusat oleh-oleh MAJT.
Photo bersama di Candi gedong songo
Liburan di Candi Gedong Songo (Di MAJT gak sempet foto)
Dia ngambek karena harus nahan pipis cukup lama. Katanya itu bahaya bisa bikin ayang-ayangan. Akhirnya karena penasaran jadi muncul ide untuk nyari info tentang ayang-ayangan ini. Kali aja gara-gara nahan kencing kemarin dia beneran kena gejala ayang-ayangan. Jadi bisa tahu cara ngobatinnya. Paling gak sedikit bertanggung jawab atas kelalaian kemarin. Setelah saya browsing kesana kemari, saya meneumkan website yang menjelaskan dengan gamblang tentang ayang-ayangan ini. Kalo kalian pengin dapet info lebih banyak bisa langsung buka website resmi Uricran. Namun saya akan bahas sebagian yang menjadi point-point perhatian saya.


Ayang-ayangan

Ayang-ayangan adalah infeksi pada saluran kemih. Infeksi saluran kemih bisa terjadi saat bakteri-bakteri menyerang saluran kemih. Organ tubuh yang termasuk dalam saluran kemih adalah ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Kebanyakan penyakit ini diderita oleh wanita daripada laki-laki. Ayang-ayangan ditandai dengan rasa sakit saat sedang buar air kecil. Selain itu urin yang dikeluarkan juga sedikit seperti terhambat untuk dikeluarkan, padahal seharusnya banyak yang dikeluarkan.

ayang-ayangan
Ayang-ayangan (image source http://uricran.co.id)
Ini rasanya pasti gak enak banget kalo kita merasa kebelet kencing tetapi susah dikeluarkan. Jika kamu merasakan seperti ini harus waspada dan baca artikel ini sampai selesai. OK!!

Gejala Ayang-ayangan

Dari website Uricran yang saya baca, gejala ayang-ayangan itu kita pipis lebih sering dari biasanya namun saat pipis keluarnya sedikit-sedikit. “Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing,” Kata dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U.
Gejala ayang-ayangan tidak selalu seperti itu, gejala yang sering muncul seperti :
  1. Merasa ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  2. Buang air kecil lebih sedikit dari biasanya.
  3. Pada wanita terasa nyeri pada bagian panggul.
  4. Pada pria terasa nyeri pada bagian anus.
  5. Nyeri saat buang air kecil.
  6. Terkadang urin berwarna lebih pekat, lebih bau menyengat seperti bau busuk, kadang-kadang mengandung darah.
  7. Badan merasa cepat lelah dan merasa kurang sehat (tidak enak badan).
  8. Terkadang disertai demam.
Gejala lain timbul berbeda-beda tergantung pada bagian sistem kemih yang mengalami infeksi :
  • Jika infeksi pada ginjal, maka gejala yang timbul adalah : nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah.
  • Jika infeksi terjadi pada kandung kemih, maka gejala yang timbul adalah merasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, pinggul terasa nyeri seperti ditekan, buang air kecil terasa nyeri dan keluar sedikit-sedikit, kadang-kadang sampai keluar darah pada urin.
  • Jika infeksi terjadi pada saluran kencing maka terasa perih saat buang air kecil.

Penyebab Ayang-ayangan

Setelah dapat info tentang ayang-ayangan dan gejalanya, saya mencari lebih dalam lagi tentang ayang-ayangan. Meskipun pacar saya bilang menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan ayang-ayangan saya gak langsung percaya gitu aja. Harus cari info yang valid. Ternyata setelah berkunjung ke website Uricran saya baru percaya 100%. Disitu tertulis "Penyebabnya paling banyak  infeksi saluran kemih. Selain ditandai anyang-anyangan, terkadang ada rasa perih dan panas saat kencing. Umumnya, terjadi karena sering menahan kencing." Duh dek, maafkan abang yah dek bikin kamu menahan kencing cukup lama.
Selain menahan kencing, penyebab lain dari ayang-ayangan adalah terlalu banya minum minuman yang menyebabkan diuretik seperti alkohol, teh dan kopi. Ayang-ayangan bisa juga disebagkan oleh kehamilan, perasaan cemas, pembesaran prostat dsb. Jadi hati-hati juga bagi yang suka minum alkohol, teh, dan kopi. Itu bisa memberatkan kerja saluran kemih terutama ginjal, jika tidak dibarengi dengan banyak minum air putih.

Mengobati Gejala Ayang-ayangan

Cranberry dapat mengobati ayang-ayangan
Cranberry dapat mengobati ayang-ayangan (image source http://uricran.co.id)
Jika terjadi gejala ayang-ayangan kita harus bagaimana? Itu pertanyaan yang penting sekali untuk dijawab. Jadi saya juga mencari informasi lebih jauh lagi tentang mengobati gejala ayang-ayangan. Yang saya dapat yang pertama adalah konsultasi ke dokter. Wah ini sih sepertinya gak perlu dijelasin juga udah tahu. Namanya juga sakit ya ke dokter. Tapi ada lain lagi yang menarik yang saya temukan. Biasanya orang sakit mata disuruh banyak makan wortel. Begitu juga sakit ayang-ayangan disuruh banyak-banyak makan buah Cranberry karena banyak mengandung Proantocyanidin (PAC). Cranberry dimana belinya yah? Kok kayaknya gak ada di pasaran. Gak usah pusing-pusing nyari buah Cranberry, karena sekarang sudah ada suplement yang mengandung ekstrak cranberry. Jadi gak repot lagi nyari buahnya dimana kan? Tinggal beli aja suplementnya. Nama suplement yang mengandung ekstrak Cranberry adalah Uricran.

Nah begitulah hasil dari saya berselancar mencari info tentang ayang-ayangan ini. Dengan begini saya bisa antisipasi, jika gejala ayang-ayangan muncul pada pacar saya maka secepatnya saya belikan Uricran aja. Dengan penanganan sejak dini, semoga bisa cepat sembuh tanpa perlu ke dokter.

You Might Also Like

0 komentar