One Day Trip - Objek Wisata Candi Gedong Songo

By | Juli 11, 2017

Musim libur lebaran telah berlalu, itu bagi kebanyakan orang. Kalau bagi saya sih belum. Pernahkan kalian merasakan liburan ke tempat wisata saat libur panjang seperti lebaran atau tahun baru dan sebagainya?
Saya pernah beberapa kali wisata ke beberapa objek wisata saat libur panjang. Namun kesan yang saya dapatkan tidaklah seperti liburan yang sesungguhnya. Bagaimana bisa kita bersenang-senang di sebuah objek wisata yang penuh sesak? Belum lagi perjalanan yang macet hingga ratusan meter. Sampai tempat wisata sudah capek duluan, di sana mobilitas terbatas karena begitu ramai, sampe rumah sudah lupa kesenangan liburan karena pusing macetnya perjalanan.

Berliburlah di Hari Libur setelah Libur Panjang

Meski terbatas dengan waktu, namun menikmati suasana dan wahana di objek wisata lebih baik dibandingkan berlama-lama wisata saat sedang ramai-ramainya. Seharian berwisata sudah cukup menghilangkan penatnya pikiran oleh rutinitas sehari-hari. Tentu saja dengan liburan yang berkualitas dengan perencanaan yang baik.


Libur panjang lebaran kemarin berakhir sekitar tanggal 2 Juli 2017. Jadi waktu yang pas buat liburan ke objek wisata ala strategi saya sangat tepat jika dilakukan tanggal 9, pas banget jarak waktu seminggu. Namun karena tanggal 10 Juli sang pujaan hati berulang tahun maka dimundurkan sehari untuk bikin One Day Trip menjadi lebih baik. Kebetulan hari Senin dia libur kerja, kalo saya terpaksa bolos deh yang penting tanggungan kerjaan sudah diselesaikan semua.

Kedatangan Teman Bule dari Belgia

Jadi ceritanya dari tanggal 2 Juli 2017 teman dari dek pacar saya main ke Semarang. Dia itu bule yang jauh-jauh datang dari negara Belgia untuk berkunjung. Kalo orang Tegal bilang sih ngiras-ngirus, ngerayain ulang tahun sekaligus ngajakin temen berkunjung ke objek wisata alam dan budaya. Di sana belum tentu ada loh daerah pegunungan perbukitan yang sejuk. Apalagi candi-candi peninggalan peradaban masa lampau. Jadi kami berencana memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Nusantara tercinta.

Cerita One Day Trip - Candi Gedong Songo

Liburan paling benar-benar liburan adalah liburan di hari selain hari libur.
Tentang Objek Wisata Candi Gedong Songo. Menurut informasi yang saya dapatkan, Candi Gedong Songo ditemukan saat Indonesia masih dijajah Belanda sekitar abad 18 oleh Gubernur Hindia Belanda yang bernama Raffles. Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kebudayaan Hindu dari jaman Wangsa Syailendra, sekitar abad ke 9 masehi. Dinamakan Candi Gedong Songo karena ada 9 candi yang tersebar di area komplek Candi Gedong Songo. Namun saat ditemukan, kondisi beberapa candi sudah rusak tidak terbentuk lagi. Candi yang masih utuh dijaga kelestariaanya hingga sekarang.
Perencanaan One Day Trip ini cukup mendadak karena sempat ada beberapa kali perubahan rencana. Akhirnya diputuskan juga One Day Trip Candi Gedong Songo. Kami berlima berangkat dari Semarang pagi sekitar jam setengah 9 pagi menggunakan mobil rental. Sampai di lokasi Candi Gedong Songo sekitar jam 11 lebih. Menurut informasi dari google maps, jaraknya sekitar 50 KM dari sini (pusat kota Semarang).
Suasana di sana jam 11 tetap terasa seperti pagi hari karena udara di sana memang sejuk. Sayang sekali, terlalu menikmati suasana saya malah lupa mengabadikan setiap sudut-sudut keindahan tempat wisata ini. Yang paling melegakan adalah perkiraan bahwa objek wisata tidak begitu ramai ternyata benar meski masih dalam masa libur sekolah. Kira-kira kamu bisa lihat di sini deh.
Candi Gedong I gak terlalu ramai
Candi Gedong I gak terlalu ramai
Di area candi gedong I banyak taman-taman yang bagus dan terawat banget. Seneng liat-liatnya. Kita bahkan sempet makan-makan bekal dari rumah dulu di area taman candi gedong I.
Taman Area  Candi Gedong I
Makan Bekal di Taman Area  Candi Gedong I
Gak lupa juga kami sempatkan ambil foto bersama untuk kenang-kenangan berkunjung ke sini. Ya sekalian buat diupload di blog dan sosmed sih. Biar instagram jadi rame promosikan wisata Candi Gedong Songo.


Oh ya, tepat di bawah area candi gedong I, ada panggung besar untuk pertunjukan. Biasanya kalo lagi banyak wisatawan seperti hari libur panjang, ada pertunjukan seni daerah. Kebetulan kemarin lagi tidak diadakan, tapi saya punya foto saat berkunjung ke sini sebelumnya.
Candi Gedong Songo, Februari 2015.
Lanjut ke cerita wisata di Candi Gedong Songo. Baru satu candi nih yang kita samperin, masih ada banyak candi lainnya menunggu di atas. Yaps, candi gedong I ini paling bawah, jadi jalan untuk ke candi lainnya kita harus naik ke atas bukit. Tapi tenang aja, perjalanan aman dan nyaman karena jalannya sudah bagus.
Eh ada bagian jalan yang naik banget juga loh. Meski udah dibuat tangga dari batu, tapi menaikinya cukup melelahkan. sayangnya kemarin gak kepikiran ambil gambarnya. Mungkin kecapean naik tangga kali yah. hehehee.... Gak butuh waktu lama, akhirnya sampai juga di candi gedong II. Kira-kira berapa menit perjalanan saya tidak tahu. Meskipun melelahkan namun cukup menyenangkan,  jadi sampe-sampe gak kepikiran nyiapin bahan post ini.
Sesampainya di candi gedong II kami ambil beberapa photo saja terus lanjutkan perjalanan. Lagi-lagi jalannya naik. Tapi tak apalah, pemandangan di sini bagus banget... ☺☺☺
Foto Area Candi Gedong II
Semua candi yang tersebar di antara bukit-bukit kami datangi satu persatu. Bentuknya kurang lebih sama. Ada beberapa juga yang tinggal pondasinya saja. Ini dia penampakan keseluruhan spot-spot wisata yang kami datangi. Tentunya juga yang gak lupa kami dokumentasikan yah.
Candi yang Sudah Tidak Berbentuk LagiPada Istirahat Sambi Menikmati Suara Alam
Ada Sumber Air Panas Juga yang Mengandung BelerangSampai Di Candi Gedong VI Langsung Tepar
Foto-foto di Area Candi Gedong VIII
View dari Candi Gedong VIII - Itu Rawa Pening Looh

Review

Dari pengalaman saya terhadap objek wisata Candi Gedong Songo saya dapat menyimpulkan bahwa objek wisata ini sangat rekomended. Ini dia alasannya :
  • View Menarik, udara segar dan cuaca terasa sejuk meski di siang hari.
  • Tempatnya sangat luas, jadi misalkan kita datang saat padat mungkin tetep bisa menikmati berwisata di sini.
  • Lingkungan bersih dari sampah, terdapat tempat sampah di sudut-sudut taman. Meskipun ada wisata berkuda, tapi jalan tetap bersih dari kotoran kuda.
  • Area Sekitar candi gedong I banyak taman-taman bunga yang terawat dengan baik.
  • Terdapat toilet dan mushola yang bersih. Ada juga gazebo-gazebo untuk beristirahat.
  • Warga sekitar ramah-ramah termasuk para petugas dan pedagang di area wisata. Makanannya juga termasuk murah karena harganya umum seperti di rumah. Pengin review juga di sini terutama sate kelinci, tapi lupa gak foto makanannya. Keenakan kali yah. Hehehee.
  • Jalan menuju lokasi kondisinya baik, tidak ada rusak-rusak. Hanya saja agak sempit dan menanjak tajam.
Ya begitulah penilaian saya saat berwisata ke Candi Gedong Songo. Akhirnya kami berhasil berwisata yang benar-benar wisata. Tanpa harus berdesak-desakan atau pusing-pusing menunggu kemacetan. Terimakasih untuk pengelola karena telah menjaga kelestarian alam dan budaya Indonesia.

~ Tulisan ini saya ikut sertakan ke Arisan Blog Gandjel Rel Semarang periode 5 dengan tema liburan yang paling berkesan karena memang ini adalah liburan yang paling berkesan bagi kami di tahun ini. Dipersembahkan untuk si Mom Traveler Mbak Muna Sungkar dan Mbak Wuri Nugraeni. Semoga ada kesempatan lain untuk berlibur dan traveling lagi. Yeay!

Pssstt, sebetulnya rangkaian One Day Trip pada waktu itu tidak hanya dihabiskan di Candi Gedong Songo saja tapi kami juga mengunjungi Vihara Watugong di tengah perjalanan menuju Candi Gedong Songo, lalu melipir ke Salatiga untuk menikmati Wedang Ronde Jago dan terakhir kami juga ke kawasan MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah). Akan dibahas pada artikel terpisah ya, so stay tune!!!

You Might Also Like

6 komentar

  1. seneng ya bisa ngobrol2 dengan bule...aku juga kemaren habis dari gedhong songo, pangling cakep banget sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, udah beda bgt sekarang si Gedong Songo ini... kalau ke sana lagi sekarang juga udah beda. Udah lebih rapi plus ada spot-spot foto selfie juga katanya :D

      Hapus
  2. paling suka hawane adeeem. Makasih ya dah nulis *muach

    BalasHapus
  3. Aku paling suka liburan ke tempat wisata alam, ya kayak ke Gedong Songo ini. Seru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku paling suka liburan ke tempat di mana kalau malam bisa lihat langit dipenuhi bintang-bintang... aaaaak!~

      Hapus