Makanan Sehat Favorit untuk Sahur dan Berbuka

By | May 29, 2017

Tidak terasa cepat sekali kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Walaupun di bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan dahaga namu aktifitas rutin kita juga tidak boleh ditinggalkan. Salah satu cara untuk menjaga badan tetap sehat dan bisa berkatifitas seperti biasanya walaupun sedang dalam keadaan berpuasa adalah dengan menjaga pola makan kita. Pola makan sehat tidak dipungkiri mempunyai peranan yang sangat besar dalam menjaga badan agar tetap prima pada saat berpuasa. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengatur menu makanan untuk sahur dan berbuka puasa.
Bulan Ramadhan tahun ini, saya mencoba menerapkan beberapa tips tentang food combining yang saya baca dari beberapa artikel. Dari semua tips yang disampaikan dalam artikel, tidak semuanya bisa diterapkan namun ada beberapa hal yang bisa saya terapkan dan selalu saya lakukan selama bulan Ramadhan. Hasilnya? Puasa lancar, tubuh terasa segar dan bugar sepanjang hari meskipun sedang berpuasa.
Salah satu tips yang akan saya share di sini adalah tentang makan sehat favorit saya untuk sahur dan berbuka puasa. Menu makanan ini bisa dijadikan alternatif untuk sajian sahur dan berbuka yang sehat dan cepat. Maklum karena puasa ini saya tinggal sendiri di tempat kost jadi tidak ada orang yang menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Sebisa mungkin saya menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka dengan sajian yang sehat dan cepat. Mau tahu apa saja yang sering saya buat? Simak yuk makanan sehat favorit untuk sahur dan berbuka berikut ini!

Smoothies

Makanan Sehat Favorit untuk Sahur dan Berbuka
Banana smoothies, source: google image.
Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah-buahan atau sayuran yang dicampur dengan susu atau yogurt dan bahan lainnya yang diblender hingga lembut. Pertama kali saya tahu tentang smoothies saya langsung coba-coba mencari berbagai macam resep smoothies untuk dijajaki satu per satu. Salah satu yang menjadi favorit saya sampai sekarang adalah banana oat milk smoothies. Selain rasanya yang enak, kandungan dalam smoothies ini sudah cukup untuk membuat perut keyang. Biasanya saya buat smoothies untuk berbuka puasa sebelum menyantap makanan besar. Jadi pas dengar ada adzan maghrib saya langsung minum air putih dan smoothies, siap-siap untuk sholat maghrib dan taraweh baru deh setelah taraweh saya makan makanan besar itupun kalau masih lapar, kalau tidak ya paling makan camilan saja.

Date milk

Date milk, souce: google image.
Date milk atau susu kurma juga merupakan salah satu menu favorit saya untuk berbuka puasa. Kurma memang sangat gampang ditemui ketika bulan Ramadhan karena makanan yang satu ini sangat identik dengan bulan suci penuh berkah yang digandrungi seluruh umat Muslim. Selain tinggi akan serat dan vitamin, kurma juga sangat mengenyangkan. Karena bosan mengkonsumsi kurma dengan cara yang itu-itu saja jadi saya sering membuat date milk untuk selingan kalau lagi bosen sama smoothies. Cara membuatnya juga sangat mudah. Campurkan es susu yang sudah disimpan didalam freezer dan potongan kurma bisa juga ditambahkan dengan madu lalu di blend hingga halus. Jadi deh! Si date milk ini hukumnya sama dengan smoothies, saya minum setelah adzan maghrib dan baru makan makanan utama setelah selesai taraweh.

Salad Buah

Fruit salad, source: google image.
Salad buah adalah makanan favorit saya untuk sahur. Sangat mengeyangkan dan praktis sekali. Ramadhan lalu saya berkomitmen untuk mangkonsumsi lebih banyak buah agar tubuh tetap stabil meskipun sedang berpuasa. Jadi saya hanya makan buah saja pada saat sahur. Minimal 3 macam buah yang berwarna-warni saya konsumsi untuk sahur. Cara menyiapkannya juga sangat mudah tinggal kupas kulit buahnya, potong kecil-kecil dan simpan pada wadah clip to keep kemudian simpan dalam lemari es. Biasanya proses pembuatan salad buah saya lakukan sebelum tidur jadi pada saat sahur saya tinggal makan saja.
Nah, itu dia 3 makana sehat favorit saya untuk sahur dan berbuka, kalau kalian apa? Punya menu favorit juga saat puasa? Yuk share di kolom komentar! 

~ Tulisan dipersembahkan untuk Mbak Ika Hardian Aksari dan Mbak Wati sebagai pemenang arisan blog Gandjel Rel periode kedua. Mbak-mbak tersebut juga masih asing namanya buat saya, salam kenal ya.. semoga ada kesempatan untuk kopdar dan ngobrol secara langsung. :)

You Might Also Like

0 comments