Drama Kolosal Korea Terfavorit Sepanjang Masa

By | Agustus 18, 2017

Drama kolosal Korea terfavorit sepanjang masa versi Gayemen.com - Siapa di sini yang suka nonton drama Korea juga? Tosh dulu dong! Mungkin kalau kita kopdar nanti bisa tuh ngobrolin tentang drama Korena yang rekomended buat ditonton. Asal ga ngomongin K-Pop aja soalnya saya justru ga tahu sama sekali tentang dunia per K-Pop-an. Saya mah apa atuh cuma penggemar drama Korea yang enak ditonton saja. 
Diantara drama Korea yang kalian tonton drama jenis apa sih yang bikin kalian betah berlama-lama nangkring di depan layar komputer atau laptop kesayangan kalian buat mantengin episode demi episodenya? Kalau saya sih jelas drama yang bikin penasaran dong dan drama apa saja yang jalan ceritanya bagus serta konfliknya rumit serumit hubungan adek dengan Aa #eaa... Salah satu drama yang biasanya (tidak selalu) memenuhi kriteria itu adalah drama kolosal Korea yang berlatar belakang kerajaan atau rakyat pada era pemerintahan Joseon. Selain alur cerita dan konflik yang sangat rumit, bisa belajar bahasa, sejarah dan kebudayaan Korea adalah alasana lain kenapa saya suka sekali dengan drama kolosal Korea. Walaupun bahasanya lumayan sulit dipahami dan kadang dibuat gregetan sendiri sama keadaan sosial budaya pada masa itu yang membuat konflik semakin rumit tapi menonton drama kolosal Korea mempunyai sensasi tersendiri yang tidak bisa ditemui kalau kita nonton drama Korea yang berlatar belakang dunia modern. 
Dan inilah 5 drama kolosal Korea terfavorit sepanjang masa versi gayeman.com!

Jewel in the Palace

Tanggal release: 15 September 2003 - 23 Maret 2004
Jumlah episode: 54 episode
Network: MBC (Munhwa Broadcasting Corporation) 
Jewel in the palace
Jewel in the Palace
Drama ini dikenal juga dengan sebutan Dae Jang Geum karena tokoh utama yang diceritakan dalam drama ini adalah Jang Geum itu sendiri. Pada dasarnya drama ini bercerita tentang tiga wanita yang menentukan hidup seorang pria. Wanita pertama akan dibunuh, wanita kedua akan diselamatkan dan wanita ketiga akan membunuh pria tersebut (lebih tepatnya menyebabkan pria tersebut terbunuh). Sampai pada akhirnya pria itu pun terbunuh dan cerita masih terus bergulir menceritakan kehidupan panjang Jang Geum yang penuh liku-liku dan perjuangan mengangkat derajat kaum perempuan pada masa itu. 

Dong Yi

Tanggal release: 22 Maret - 12 Oktober 2010
Jumlah episode: 60 episode
Network: MBC (Munhwa Broadcasting Corporation) 
dong yi
Dong Yi
Dengan episode yang lebih panjang dibandingkan drama sebelumnya, Dong Yi juga sukses meraup rating tinggi dan menjadi drama terfavorit se-Asia pada masanya. Drama ini bercerita tentang gadis muda yang penuh kharisma dan ceria serta pandai memainkan alat musik yang pada akhirnya mencuri hati sang raja. 

Moon Embrace the Sun

Tanggal release: 4 Januari - 15 Maret 2012
Jumlah episode: 20 episode
Network: MBC (Munhwa Broadcasting Corporation) 
moon embrace the sun
Moon Embrace the Sun
Lupakan sejenak "Real" yang menuai banyak kontraversi, Kim So Hyun juga pernah lho main di drama kolosal dengan akting yang memukau. Drama ini bercerita tentang dua pewaris tahta yang jatuh cinta pada satu wanita. Nah si wanita ini pernah dipalsukan kematiannya oleh seorang shanam untuk menyelamatkannya dari pembunuh yang berusaha membunuhnya dengan ilmu hitam. Kemudian wanita tersebut kembali lagi ke istana sebagai seorang peramal. Akhir dari drama ini lumayan bikin baper karena ada seseorang yang akhirnya harus berkorban demi menjaga keseimbangan di kerajaan. Seperti apa ya kira-kira kisah mereka? Nonton aja drama ini! Dijamin ga bakal nyesel. 

Saimdang Light's Diary 

Tanggal release: 26 Januari - 4 Mei 2017
Jumlah episode: 28 episode
Network: SBS (Seol Broadcasting System) 
saimdang light's diary
Saimdang Light's Diary
Pemain utama drama ini adalah Lee Young-Ae aktris yang juga berperan sebagai Jang Geum di Jewel in the Palace. Di drama ini dia memerankan peran ganda sebagai seorang dosen sejarah dan sebagai Shin Saimdang, pelukis yang sangat terkenal pada masa Joseon. Shin Saimdang dikenal sebagai seorang pelukis yang berhasil menyatukan para tuna wisma untuk membuat kertas secara swadaya. Sementara itu di masa sekarang Seo Ji-Yoon adalah dosen sejarah yang sedang melakukan penelitian terhadap lukisan bersejarah Geumgangsando karya An Gyeon. Melalui tulisan pada buku diary kuno milik Shin Saimdang ia menyelidiki keaslian lukisan tersebut. Cara penyajian alur ceritanya sama persis dengan drama the Legend of the Blue Sea dan Chicago Typewriter. Saya menyebut alur semacam ini dengan sebutan alur reinkarnasi karena tokoh-tokoh yang hidup di masa silam juga hidup di masa sekarang. Drama dengan alur cerita seperti ini tampaknya sedang menjadi trend di tahun 2017. 

Ruler Master of the Mask

Tanggal release: 10 Mei - 13 Juli 2017
Jumlah episode: 40 episode (dengan durasi 30 menitan/episode)
Network: MBC (Munhwa Broadcasting Corporation) 
ruler master of the mask
Ruler Master of the Mask
Pyunsoo hwe adalah kelompok pemberontak yang menguasai pasokan air di seluruh wilayah Joseon pada masa itu. Kelompok tersebut tidak terang-terangan memberontak keluarga kerajaan justru kelompok tersebut mengendalikan kerajaan. Tidak tanggung-tanggung raja Joseon pada saat itu ada di bawah kendalinya. Sementara itu putra mahkota kerajaan harus selalu memakai topeng agar identitasnya tidak diketahui oleh orang lain terutama oleh orang-orang Pyunsoo hwe. Putra mahkota terpaksa melarikan diri dari istana dan menyerahkan topengnya pada orang lain untuk berpura-pura menjadi dirinya. Drama ini diwarnai dengan tiga kisah cinta segitiga yang sangat menyentuh dan penuh akan pengorbanan. Drama ini cukup banyak menguras air mata dan membuat dag dig dug sepanjang episodenya. Hati-hati kalian baper kalau nonton drama ini. *wink!

~ Persembahan istimewa untuk pemenang Arisan Blog Gandjel Rel periode 8 yaitu Ira Sulistia alias Isul, teman sekamar, penggemar drakor juga dan kalau ngomong cepet banget ga pakai titik koma. hahahaha dan Mba Sri Untari mami kece yang punya anak ganteng. Aw!

You Might Also Like

7 komentar

  1. Janggeum aku juga suka, nontonnya jaman kuliah bareng temen2 kos. Tayang TV lagi ga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosh! Aku juga suka banget mbak... dulu nonton ini pas aku masih SMP ceritanya mbekas smpe sekarang :)

      Hapus
  2. Beberapa aku belum nonton huhuhu makasih buat rekomendasinya bebeb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada lagi yang bagus lho Nyi baru kemaren aku tamatin judulnya Moon Lover dan denger2 tahun ini bakal keluar yang session dua! Aaaaak~ can't wait to see!

      Hapus
  3. dari semua judul drakor diatas, belum ada yang pernah aku tonton.. tapi bisa jadi rekomendasi nihh.. thanks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton mbak kalau lagi selow, bisa buat hiburan :) bagus-bagus lho ceritanya :D

      Hapus
  4. Aku baru nontin jewel in the palace, saimdang lights diary ama moon embrace the sun rame semua dan favorit semua, dong yi ama rules the mask itu belum pernah pe tamat heuheu, btw tis dulu kita penggemar drama korea 😄

    BalasHapus